8 Tips Menghemat Tagihan Listrik Tiap Bulan Agar Keuangan Tetap Lancar

  • Admin Sukasada
  • 19 Maret 2018
  • Dibaca: 456 Pengunjung

ShopBackers, tanpa disadari pengeluaran setiap bulan dalam kehidupan kita pasti akan selalu bertambah dari waktu ke waktu. Hal ini karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, belum lagi ditambah dengan berbagai keperluan mendadak yang tentunya di luar anggaran belanja. Nah, bisa dibilang kalau salah satu pengeluaran terbesar berasal dari tagihan listrik yang terus membengkak karana banyaknya perangkat yang membutuhkan listrik cukup besar di rumah. Kalau sudah begini, ada baiknya untuk mengatur ulang strategi bertahan kita agar kantong tidak makin terkuras drastis dengan melakukan beberapa tips menghemat tagihan listrik berikut ini.

 1. Memaksimalkan fungsi jendela di rumah

Langkah pertama adalah dengan mengurangi pencahayaan di rumah dengan memaksimalkan jendela yang ada, terutama di pagi hari. Buka semua jendela agar cahaya bisa masuk dan memberikan pencahayaan yang sempurna di dalam rumah. Akan lebih menguntungkan lagi kalau di rumah kamu terdapat jendela skylight atau jendela kaca yang terpasang di langit-langit rumah. Meski sepele, namun usahakan untuk mematikan segala macam lampu mulai dari pagi hingga sore hari dan hanya menyalakan lampu pada saat hari sudah gelap saja ya, ShopBackers. Hal ini akan sangat banyak membantu menghemat penggunaan listrik kamu, lho!

2. Merawat kulkas dengan baik

Mungkin kamu juga sudah tahu kalau perabot rumah tangga seperti kulkas menghabiskan lebih banyak daya listrik jika dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya di rumah. Maka dari itu, ada baiknya untuk merawat kulkasnya secara rutin, yaitu dengan membersihkan koil atau gulungan yang biasanya terdapat di bagian belakang atau bawah kulkas sebanyak dua kali dalam setahun. Hal ini akan membantu menghemat penggunaan daya listriknya hingga 50 persen, lho! Selain membersihkan gulungan, pastikan kulkas selalu terisi penuh ya, hal ini karena kulkas akan bekerja lebih efektif jika kulkas dalam kondisi terisi. Kalau memang belum sempat mengisinya dengan berbagai stok makanan, kamu bisa mengisi kulkas terutama freezer dengan es batu (bisa dibuat dalam kemasan plastik atau cetakan es batu) agar freezer tetap terisi.

3. Pilih cat warna putih untuk dinding rumah

Selain memaksimalkan fungsi jendela di rumah, kamu juga bisa menghemat tagihan listrik dengan cerdas memilih cat dinding. Dinding dengan warna putih sangat cocok untuk membuat suasana rumah jadi makin terang, karena warna ini mampu memantulkan sinar matahari yang masuk secara merata ke dalam rumah untuk waktu yang lebih lama.

4. Pemilihan kompor yang bijak

Langkah selanjutnya adalah bijak dalam memilih dan menggunakan kompor serta microwave di rumah. Jika kamu kebetulan memiliki kompor listrik atau microwave, maka pastikan kamu menggunakannya saat diperlukan saja, ya! Hal ini karena daya listrik yang terpakai akan sangat besar. Sebagai solusinya, tetap sediakan kompor gas di rumah yang bisa kamu gunakan untuk sekedar memanaskan makanan atau membuat makanan lain yang membutuhkan waktu cukup lama.

5. Bijak dalam menggunakan AC

Setelah kulkas, kompor listrik, dan microwave, gunakan juga pendingin ruangan atau AC dengan bijak. Memang sih, godaan untuk menyalakan AC sangat tinggi, apalagi jika cuaca sedang panas-panasnya. Tapi, jangan sampai hati kamu juga ikut jadi panas ketika melihat tagihan listrik yang membengkak, ya! Solusinya, kamu bisa mengatur penggunaan AC pada saat siang dan malam hari. Pada malam hari, suhu udara cenderung lebih dingin, maka ada baiknya untuk mengatur suhu AC lebih hangat agar tidak memakan daya lebih banyak. Kemudian, usahakan agar AC tidak terhalang perabot seperti lemari agar bisa bekerja dengan lebih efektif. Jangan lupa juga untuk membersihkan AC secara rutin, karena jika AC kotor maka hal ini akan membuatnya bekerja lebih keras dan otomatis membutuhkan daya listrik yang lebih besar lagi.

6. Menggunakan mesin cuci dengan baik dan benar

Punya mesin cuci di rumah? Nah, salah satu cara untuk menghemat tagihan listrik selajutnya adalah dengan memerhatikan penggunaan mesin cuci. Gunakan mesin cuci saat sudah terisi penuh dan usahakan untuk merendam pakaian kotor dan menguceknya terlebih dahulu, misalnya kerah baju atau kaus kaki. Hal ini akan mengurangi kerja si mesin cuci. Setelah itu, atur lama waktu penggunaan mesin cucinya dalam durasi paling singkat adn level air yang paling rendah.

7. Mencabut stop kontak

Seringkali orang berpikiran kalau meninggalkan kabel yang masih tercolok di stop kontak meski dalam keadaan mati adalah hal yang aman dan tidak menguras daya listrik. Namun, kenyataannya justru sebaliknya. Maka dari itu, buang rasa malas dan selalu cabut kabel dari stop kontak setelah memakainya, ya! Selain bisa menghemat tagihan listrik, hal ini juga bisa mencegah terjadinya korslet yang berujung pada hal yang tidak diinginkan.

8. Cerdas dalam memilih metode pembayaran tagihan listrik

Jika sudah melakukan beberapa tips di atas, langkah terakhirnya adalah dengan cerdas memilih cara pembelian dan pembayaran tagihan listrik yang akan membantu kamu menghemat pengeluaran setiap bulannya. Ada begitu banyak cara, namun yang paling praktis, mudah, dan hemat adalah dengan melakukannya secara online langsung dari smartphone kamu, misalnya dengan menggunakan aplikasi ShopBack yang bisa diunduh secara gratis di handphone melalui Play Store atau App Store. Melalui ShopBack, kamu bisa membayar tagihan di merchant Tokopedia lengkap dengan tambahan bonus cashback yang bisa dicairkan dalam bentuk uang tunai. Hemat dan menyenangkan, bukan?

Sumber : https://www.shopback.co.id/blog/tips-menghemat-tagihan-listrik

Share Post :