Air Bukan dari Bumi! Darimana asal air?

  • Admin Sukasada
  • 17 September 2018
  • Dibaca: 274 Pengunjung

Haloo,, ingatkah kamu ketika kita masih sekolah dasar, kita mempelajari siklus air,, mulai dari penguapan, hujan hingga kembali lg ke laut dan dalam pelajaran geografi, lebih dari 70% permukaan Bumi ditutupi oleh air dan sisanya terdiri dari daratan, selain itu Tubuh manusia dewasa sebanyak 60% juga terdiri dari air.

 

Apakah kamu bahwa sebenarnya ketika bumi terbentuk pada jaman dulu kala, bumi hanya berupa batuan keras dan tidak ada satupun partikel yang ada di bumi dapat membuat air, lalu dari manakah air yang ada di bumi berasal?

 

Mari kita mulai dari komponen yang membentuk air!

Air yang dalam Bahasa ilmiah disebut H2O terdiri dari 2 atom hidrogen yang terikat dengan oksigen. Perlu kita ketahui, Hidrogen adalah salah satu partikel yang tertua di alam semesta!

 

Sekitar 14 milliar tahun yang lalu, beberapa partikel terbentuk beberapa saat setelah terjadi big bang, salah satunya yang terbentuk adalah hydrogen dan beberapa miliar tahun selanjutnya barulah terbentuk oksigen.

Dengan proses yang sangat panjang, hydrogen dan oksigen saling terikat dan membentuk es di luar angkasa! Lalu bagaimana lapisan es tersebut bisa sampai ke bumi?

 

Menurut para peneliti, komet merupakan kandidat yang paling logis dalam kasus ini!

Namun setelah diteliti lebih lanjut, air yang dibawa oleh komet mengandung lebih banyak hidrogen berat disbanding kandungan hidrogen berat yang terkandung dalam air yang ada di Bumi. Dari ketidak cocokan komposisi ini dapat disimpulkan bahwa air yang ada di bumi tidak berasal dari komet.

 

Kandidat lain penyebab bumi berair adalah meteorit yang menabrak ke bumi.

Dari semua meteorit yang sampai ke bumi, hanya meteorit bernama carbonaceous chondrite yang mengandung air di dalamnya dan ditambah lagi kandungan hydrogen berat yang ada di meteorit ini, sama dengan yang ada di bumi!

 

Jadi untuk saat ini, dapat disimpulkan bahwa air berasal dari luar angkasa yang dibawa oleh meteorit, walaupun demikian, hingga saat ini para peneliti masih mencari asal pasti air yang di bumi!

Sumber : http://www.ayomikir.com/2017/01/air-bukan-dari-bumi-darimana-asal-air.html

Share Post :