Air Terjun Tembok Barak Sambangan, Destinasi Wisata Alam Terbaru di Buleleng

  • Admin Sukasada
  • 19 September 2018
  • Dibaca: 29 Pengunjung

Keindahan alam di Pulau Bali tidak ada habisnya. Ada saja wisata alam baru yang menarik dijumpai. Air Terjun Tembok Barak Sambangan jadi daftar tempat wisata alam terbaru yang bisa didatangi di pulau dewata tersebut. Tempat ini bakal menjadi lokasi wisata menarik bagi Anda yang doyan berkunjung ke wisata air terjun.Meskipun terbilang masih baru, nyatanya Air Terjun Tembok Barak yang berada di Desa Sembangan, Kecamatan Sukasada, Singaraja, Bali ini juga mampu membius wisatawan dengan keindahan serta keunikannya.

Yang membuat unik air terjun ini adalah ketinggiannya cukup rendah, tak seperti air terjun lain yang ada di Bali. Suasana semakin terasa indah karena Air Terjun Tembok Barak mengalir melalui dinding-dinding tebing yang tinggi.Tebing-tebing atau tembok-tembok ini berwarna kemerah-merahan sehingga pantaslah jika air terjun ini diberi nama Air Terjun Tembok Barak Sambangan (tembok berarti dinding, barak berarti merah).

Karena merupakan tempat wisata yang baru dikenal, Air Terjun Tembok Barak masih belum memiliki fasilitas yang cukup memadai.Perjalanan menuju lokasi wisata Air Terjun Tembok Barak semakin seru dengan adanya trek yang harus ditempuh hanya dengan berjalan kaki sepanjang 700 meter. Oleh karenanya, sebelum menentukan untuk mengunjungi air terjun cantik ini, stamina serta fisik yang kuat harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Selama berjalan kaki, mata akan disuguhi oleh pemandangan perkebunan, persawahan dan rimbunnya hutan. Tentu inilah yang menjadikan semakin seru dan nikmatnya perjalanan yang dilakukan sambil menghirup segar dan sejuknya udara pegunungan.

Di bawah guyuran Air Terjun Tembok Barak, terdapat kolam air yang cukup luas namun cukup dalam. Sehingga bagi yang ingin berenang atau bermain air sebaiknya bermain atau berenang di tepiannya saja. Airnya sangat jernih dan segar karena berasal dari mata air pegunungan.

Tips yang perlu diperhatikan adalah baiknya datang pada hari Senin-Kamis, karena dipastikan ketika weekend lokasinya menjadi penuh sesak pengunjung.

Jangan lupa membawa kamera, perbekalan makanan dan minuman, serta pakaian ganti. Kamera pastinya untuk memotret momen terindah di Air Terjun Tembok Barak, lelah berjalan kaki pasti lapar dan haus, dan pakaian ganti untuk dipakai setelah nyebur ke kolam air. Yang perlu diingat adalah tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam ya

Di awal pembukaannya, untuk masuk Air Terjun Tembok Barak pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Namun seiring semakin ramainya pengunjung yang penasaran dengan keindahan tersembunyi dari Air Terjun Tembok Barak, pengelola akhirnya memberlakukan tiket masuk.

Diharapkan dengan semakin ramainya pengunjung yang datang, terdapat pembangunan fasilitas yang semakin memadai. Sehingga keselamatan serta kenyamanan pengunjung dapat dimaksimalkan. Mengingat Air Terjun Tembok Barak memiliki eksotisme yang sangat berharga untuk dinikmati dan dilestarikan.

 

Sumber : https://www.kintamani.id/air-terjun-tembok-barak-sambangan-destinasi-wisata-alam-terbaru-buleleng-001241.html

Share Post :