NASA Ungkap Temuan Baru Exoplanet Mirip Bumi

  • Admin Sukasada
  • 17 September 2018
  • Dibaca: 382 Pengunjung
Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, tengah mempersiapkan acara konferensi pers yang digelar pada 22 Februari, pukul 13.00 waktu New York. Di sana, NASA akan mengumumkan penemuan terbarunya terkait exoplanet, atau planet yang mengorbit di luar sistem tata surya Bima Sakti.
UPDATE: NASA telah mengungkap tujuh planet seukuran Bumi dalam sistem tata surya yang diberi nama Trappist-1. Dalam sistem ini, NASA memprediksi ada tiga planet layak huni karena mengandung air cair yang jadi salah satu sumber kehidupan manusia. Beberapa hal unik juga telah diketahui dari Trappist-1. Exoplanet yang selama ini diungkap ke publik memberi harapan bagi manusia karena bisa jadi tempat hidup. Telah banyak exoplanet ditemukan yang mirip dengan Bumi dan memiliki sejumlah unsur kehidupan. Konferensi pers yang juga ditayangkan secara langsung di stasiun televisi dan juga situs web NASA ini rencananya akan dihadiri oleh para astronom dan ilmuwan planet ternama dari seluruh penjuru dunia, dengan pembicara dari: - Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi dari Direktorat Misi Sains di Markas NASA di Washington, AS
- Michael Gillom, astronom dari Universitas Liege di Belgia
- Sean Carey, manajer Pusat Ilmu Pengetahuan Spitzer NASA di Caltech/IPAC, Pasadena, California, AS
- Nikole Lewis, astronom dari Institut Ilmu Pengetahuan Teleskop Luar Angkasa di Baltimore, AS
- Sara Seager, profesor ilmu planet dan fisika di Institut Teknologi Massachusetts, di Cambridge, Inggris
 
NASA menyebutan, publik dapat mengajukan pertanyaan dengan menggunakan tagar #AskNasa di media sosial Twitter ketika acara tengah berlangsung. Badan Antarika tersebut juga akan membuka sesi pertanyaan di forum Reddit setelah acara berakhir.
Exoplanet sendiri telah menjadi target penelitian oleh para astronom dunia dalam beberapa tahun terakhir, dengan harapan bisa menjadi rumah baru bagi umat manusia jika Bumi sudah tak layak dihuni. Pengumuman exoplanet terakhir diumumkan oleh Organisasi Antariksa Eropa (European Southern Observatory/ESO) pada Agustus tahun lalu, ketika mereka mengonfirmasi telah menemukan Proxima Centauri b. Proxima Centauri b atau Proxima b merupakan sebuah planet yang disebut memiliki kemiripan dengan Bumi yang berlokasi di Alpha Centauri, sistem bintang yang bersebelahan dengan sistem tata surya.
 
Share Post :