10 syarat dan ketentuan dibahas dalam TM Lomba Busana Adat Ke Pura Tingkat Remaja Berpasangan.

  • Admin Sukasada
  • 04 Oktober 2018
  • Dibaca: 145 Pengunjung

Kasi Pembangunan Made Sunetra, Sm.HK memimpin Technical Meeting (TM) Lomba Pakaian Adat Kepura tingkat Remaja Berpasangan di Aula Kantor Camat Sukasada, (4/10).

Terdapat 10 Syarat dan ketentuan yang diatur oleh Panitia Lomba yang menjadi patokan dalam penilaian oleh ketiga juri yang merupakan Bagus Buleleng 2016, perwakilan sanggar seni santhi budaya serta Guru Tata Busana SMKN 2 Singaraja.

Adapun syarat dan ketentuannya yakni : Peserta Lomba adalah remaja putra-putri usia 13 tahun sampai 19 tahun berpasangan, peserta lombva diwajibkan melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir, peserta lomba wajib mengenakan pakaian adat Bali ke pura sesuai dengan etika dan estetika.

Peserta lomba putri wajib mengenakan mengenakan pusung gonjer, bunga hidup dan bunga emas. peserta lomba putra mengenakan destar non modif, kain dan baju adat ke pura disesuaikan dengan adat setempat.

Peserta putri diwajibkan membawa sarana persembahyangan yang sesuai meliputi sekar/canang, tirta, asep/dupa, di dalam bokor dan ditutup saab. penampilan peserta di atas panggung berdurasi maksimal 2 menit dengan menggunakan iringan tabuh lelambatan dan semara pegulingan yang telah disediakan panitia.

Penilaian lomba meliputi keserasian busana, tata wajah dan rambut harmonisasi gerak, ekspresi, etika busana dan estetika busana. dewan juri akan menilai secara objektif dan tidak boleh diganggu gugat.

Nantinya para peserta akan dicari juara 1, 2 dan 3.

Pada TM dihadiri oleh peserta masing-masing Desa dan Lurah se-Kecamatan Sukasada dengan agenda penyamaan persepsi serta pembahasan terkait Kriteria lomba yang akan diadakan serangkaian Gelar Seni Budaya Kecamatan Sukasada Tahun 2018.

Share Post :