2.300 bibit pohon ditanam untuk rehabilitasi hutan Wanagiri

  • Admin Sukasada
  • 13 Januari 2019
  • Dibaca: 229 Pengunjung

Camat Sukasada I Made Dwi Adnyana, S.STP bersama Ketua TP PKK Kecamatan Sukasada Ny. Wiwik Adnyana mengikuti kegiatan penanaman pohon yang di adakan oleh BUMDes Eka Giri Karya Utama Desa Wanagiri yang di Ketuai I Made Darsana (13/1).

Penanaman pohon secara simbolis dilakukan oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Bali Drh. Luh Ayu Aryani, MP dengan didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng I Made Subur SH, dan Perbekel Wanagiri I Wayan Gumiasa, SE.

Kegiatan penanaman pohon tersebut dilakukan guna menindaklanjuti fokus pengelolaan hutan Desa Wanagiri dengan reboisasi di daerah aliran sungai (DAS) dan sumber mata air di desa wanagiri yang berlokasi di daerah sekitar wisata air terjun Banyumala.

Gerakan yang dilakukan tidak hanya saat penanaman, namun Ketua BUMDes Eka Giri Karya Utama Desa Wanagiri I Made Darsana menyampaikan juga dirinya akan berusaha terus melakukan pendekatan kepada masyarakat sekitar, agar kiranya pohon yang sudah ditanam dapat dipelihara keberadaannya, sehingga rehabilitasi terhadap hutan dan lahan di Hutan Desa Wanagiri dapat terlaksana dengan baik, dan dengan demikian salah satu efek yang diharapkan yakni mata air yang terdapat disekitarnya mampu terjaga keberadaanya.

"tidak hanya menanam saja, namun dengan pendekatan yang dilakukan secara terus menerus, saya yakin masyarakat sekitar juga pasti mau membantu dalam memelihara pohon yang telah kita tanam, sehingga rehabilitasi terhadap hutan dan lahan di hutan Desa kami dapat berjalan dengan sukses, nantinya mata air disekitar juga terjaga" ungkap beliau sesaat setelah kegiatan penanaman pohon dilakukan.

Kadis Kehutanan Provinsi Bali Luh Ayu Aryani juga menyampaikan terimakasih atas partisipasi masyarakat dalam kegiatan penanaman pohon yang dilakukan, dan inisiatif dari BUMDes Eka Giri Karya Utama Desa Wanagiri yang sudah melakukan kegiatan positif dalam melestarikan keadaan hutan desa,Pejabat asal Dawan, Klungkung yang menikah ke Desa Les, Buleleng ini berharap untuk kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan dan didukung oleh Pemerintah Desa Dinas sehingga mampu berjalan dengan sukses.

"terimakasih atas partisipasi dan inisiatifnya bapak ketua Bumdes dan Perbekel serta semua yang hadir, semoga kegiatan serupa dapat terus dilakukan dan memberi dampak yang positif bagi kita semua" ungkap Kadis Ayu Aryani.

Sebanyak 2.300 bibit pohon ditanam secara serentak untuk rehabilitasi hutan dan lahan di hutan desa wanagiri, bibit pohon tersebut merupakan bantuan dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Adapun bibit pohon yang ditanam terdiri dari 700 bibit pohon kelengkeng unggul, 600 pohon bibit alpokat sambung dan 1000 pohon nangka sambung.

Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Perbekel Desa Ambengan I Gede Suberata, Pj Perbekel Tegallinggah Gede Bagia, Pj Perbekel Selat Wayan Semadi dan Perbekel Baktiseraga I Gusti Putu Armada serta staf dari PT Puji Muara Raya dan masyarakat desa setempat.

Share Post :