Camat Dwi Ingatkan Sapta Pesona Pada Pertemuan Pengembangan Air Terjun Tibuan

  • Admin Sukasada
  • 21 Januari 2019
  • Dibaca: 98 Pengunjung

Kembangkan potensi pariwisata di Kecamatan Sukasada, Camat I Made Dwi Adnyana, S.STP bersama dengan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng yang diwakili Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata I Ketut Sensus, S.Sos serta Perbekel Pegadungan Ketut Sudiara meninjau lokasi tempat wisata baru yakni Air Terjun Tirta Buana, Desa Pegadungan, (21/1).

Air terjun Tirta Buana atau disebut dengan nama Air Terjun Tibuan berlokasi di tempekan Panti Banjar Dinas Batudingding Desa Pegadungan, dengan menempuh tracking sejauh 300 meter dari lokasi parkir, Air Terjun Tibuan menawarkan pemandangan yang indah dengan air yang bening. Potensi tersebut akan coba dikembangkan oleh Pemerintah Desa Pegadungan melalui Pokdarwis Bumi Lestari untuk segera bisa dibuka bagi wisatawan umum.

Pada sambutannya terhadap warga masyarakat pengelola Air Terjun, Camat Dwi Adnyana berharap masyarakat pengelola mampu bersinergi bersama untuk mengembangkan objek wisata Air Terjun Tibuan, dengan tidak mengesampingkan Pilar Pembangunan kepariwisataan yang meliputi Atraksi, Akses, Fasilitas dan masalah kelembagaan, sehingga kedepannya tidak terjadi permasalahan yang tidak kita inginkan bersama.

Dan jika dari 4 hal tersebut sudah dipenuhi dan tertata semua, selanjutnya akan mengarah pada sapta pesona yang menjadi kunci dalam peningkatan kunjungan wisata, adapun sapta pesona tersebut meliputi Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah Tamah dan Kenangan.

Meski antara pilar pembangunan kepariwisataan dan sapta pesona dapat berjalan dengan beriringan, namun agar lebih bisa terfokus agar tercapainya juga lebih maksimal.

Selain itu disampaikan pula untuk Kecamatan Sukasada dari 14 Desa dan 1 Kelurahan hampir semua memiliki destinasti yang sama yakni air terjun, kecuali Desa Kayuputih, jadi dengan demikian bagi masyarakat pengelola dapat mengembangkan sesuatu yang berbeda, sehingga menjadi daya tarik tersendiri dalam setiap kunjungannya.

Pada pertemuan kali ini dari Bidang Sumber daya Pariwisata dari Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng memberikan masukan serta arahan terkait dalam pengembangan objek wisata serta pembentukan Pokdarwis yang merupakan wadah dari pengelolaan objek wisata setempat.

Share Post :