HSP90, Kecamatan Sukasada adakan Upacara Bendera

  • Admin Sukasada
  • 29 Oktober 2018
  • Dibaca: 45 Pengunjung

 

Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018, Pemerintah Kecamatan Sukasada laksanakan Upacara Bendera di Halaman kantor Camat Sukasada,(29/10).

"Bangun Pemuda Satukan Indonesia" menjadi tema peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini pada Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dr. H. Imam Nahrawi, S.Ag.,M.KP yang dibacakan oleh Camat Sukasada I Made Dwi Adnyana, S.STP selaku Pembina Upacara.

Seperti kita tahu bersama bahwa Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, 90 tahun yang lalu pada 28 Oktober 1928 para tokoh pemuda mendeklarasikan sumpah pemuda yang menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.

Dalam amanatnya Menteri Imam Nahrawi yang dibacakan Camat Dwi Adnyana meyampaikan dengan tema Bangun Pemuda Satukan Indonesia atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggungjawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menteri yang lahir di Bangkalan Jawa Timur ini pada Pidatonya yang dibacakan untuk Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini menyoroti terkait dampak dari perkembangan teknologi informasi yang disatu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi namun disiisi lain mampu memberikan dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari Hoax, Hate Speech, Pornografi, Narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme yang dengan mudah bisa diakses.

"Revolusi mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Ir. Joko Widodo, sangat relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu Revolusi Mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju agar bangsa ini kian hebat," terang Camat Dwi.

Hal lain yang menjadi sorotan untuk disampaikan pula pada momen kali ini mengenai prestasi para pemuda-pemuda Indonesia di ajang Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 beberapa waktu lalu.

Bahwa pemuda-pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi di perhelatan Asian Games 2018 dan berhasil menduduki peringkat ke-4 dan diajang Asian Para Games berhasil menduduki peringkat ke 5, sehingga menjadi sejarah baru kebangkitan olahraga Indonesia.

"Selain itu, perlu diingat bahwa tahun 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah, yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Tk. I dan DPRD Tk. II. dan ini juga merupakan tanggungjawab pemuda agar Pemilu 2019 terwujud pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas," paparnya.

Adapun pada upacara yang berlangsung khidmat ini, diakhiri dengan Nyanyian Perjuangan oleh Paduan Suara SMA N 1 Sukasada.

Selain undangan dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Sukasada dan perwakilan Lurah serta Perbekel se-Kecamatan Sukasada pada Upacara Bendera kali ini juga diikuti oleh anggota Polsek Sukasada, Koramil 1609-05 Sukasada, Kepala SMA/SMK, SMP, SD se-Kecamatan Sukasada dan perwakilan dari Siswa.

Share Post :