Kantor Camat Sukasada dinilai Tim Penilai Kearsipan Kab. buleleng

  • Admin Sukasada
  • 27 April 2018
  • Dibaca: 425 Pengunjung

 

Tim Penilai Kearsipan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng melakukan penilaian terhadap penataan arsip di Kantor Camat Sukasada, (27/4).

Dalam kesempatan tersebut Tim Penilai Kearsipan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng yang diwakili Kabid PPPA I Putu Kariaman Putra, S.Sos,MM sekaligus merupakan Ketua Tim Penilai Kearsipan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng.

Sekcam Sukasada Yayan Sutrisna, S.Sos membacakan Laporan kegiatan penataan kearsipan di Kantor Camat Sukasada, mulai dari Sumber Daya Manusia Kearsipa, Sarana dan Prasarana, Penerapan Sistem Kearsipan, Penataan Arsipdan Inovasi Pengelolaan Kearsipan.

Terkait Sumber Daya Manusia, Sekcam Yayan Sutrisna menyampaikan untuk di Kecamatan Sukasada dengan jumlah Staf sebanyak 64 orang, serta untuk masing-masing seksi dan sub bagian terdapat seorang petugas kearsipan yang ditetapkan dengan SK Camat.

Selain itu disampaikan pula mengenai sarana dan prasarana yang dimiliki kantor camat sukasada sebagai penunjang pengelolaan kearsipan baik itu lemari arsip, rak arsip bergerak, Filling Cabinet, Folder, Sekat, Kotak/Box Arsip, Tickler File.

Diterangkan pula mengenai penerapan tata kearsipan dilingkungan kantor camat sukasada sesuai dengan Peraturan Bupati Buleleng Nomor 25 Tahun 2016 tentang tata kearsipan pemerintah Kabupaten Buleleng.

Dengan tata kelola arsip yang dibagi menjadi Arsip Statis dan Arsip Dinamis, sedangkan arsip dinamis dipilah menjadi dua jenis yaitu arsip aktif dan arsip inaktif.

Sekcam Yayan juga menyampaikan mengenai inovasi pengelolaan kearsipan diantaranya mengalih mediakan arsip kedalam media elektronik berupa scan foto surat walaupun belum semuanya.

Pada penilaian kali ini Kantor Camat Sukasada merupakan Kantor Camat yang dinilai ketujuh, dari sembilan kecamatan yang ada.

Sebelum mengakhiri laporannya, Sekcam Yayan memperkenalkan para petugas kearsipan dimasing-masing-masing seksi dan sub bagian.

Sesaat sebelum laksanakannya penilaian Kabid PPPA I Putu Kariaman Putra, S.Sos,MM Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Buleleng memberikan pengarahan terkait jalannya proses penilaian yang akan dilakukan serta kriteria dari penilaian.

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir Kapolsektif Sukasada Kompol Gede Juli, S.IP, Camat Sukasada I Made Dwi Adnyana S.STP, Ketua TP PKK Kecamatan Sukasada Nyonya Wiwik Adnyana serta Kasi serta Ka.Sub.Bag dan petugas Arsip dilingkup Kantor Camat Sukasada. 

Share Post :