Kegiatan Bersih-bersih sungai, Camat Dwi Himbau Pengelolaan sampah hingga Hak Pengelolaan Hutan Desa

  • Admin Sukasada
  • 05 Oktober 2018
  • Dibaca: 52 Pengunjung

 

 

Dalam rangka Peringatan Hari Habitat Dunia Tahun 2018 di Kabupaten Buleleng dengan tema "Gerakan Buleleng Bersih", sehubungan dengan hal tersebut Pemerintah Kecamatan Sukasada melaksanakan kegiatan bersih-bersih sungai yang dipusatkan di Banjar Dinas Jembong Desa Ambengan. (5/10).

Pada kegiatan tersebut Camat Sukasada I Made Dwi Adnyana, S.STP dalam arahannya menyampaikan terimakasih kepada TNI Polri serta warga masyarakat yang hadir dalam kegiatan bersih-bersih sungai di Banjar Dinas Jembong.

Serta beliau menyampaikan juga tentang Peraturan Daerah Kabupaten Buleleng Nomor 1 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah, serta menghimbau warga masyarakat agar tidak membuang sampah kesungai.

Hal lain yang disampaikan juga terkait dengan Hak Pengelolaan Hutan Desa yang sudah diajukan oleh Pemerintah Desa Ambengan, diharapkan masyarakat mampu mengelola hutan desa sesuai dengan ketentuan berlaku sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

"Karena pengelolaan hak hutan desa tidak gampang dan harus melalui proses yang panjang, diharapkan bagi masyarakat yang nantinya memperoleh hak pengelolaan hutan desa agar mengelola hutan desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga mampu memberikan dampak positif" ungkap Camat Dwi.

Bersih-bersih sungai yang dilaksanakan sepanjang jalur menuju tempat wisata Air Terjun Jembong tersebut diikuti pula oleh anggota Polsek Sukasada, Anggota Koramil 1609-05 Sukasada, Instansi Nivo Kecamatan Sukasada, Perangkat Desa Ambengan dan Masyarakat Desa setempat.

Tampak hadir serta pada kegiatan tersebut Kapolsek Sukasada Kompol I Nyoman Landung, SH dan Perbekel Ambengan Gede Subrata.

Hari Habitat Sedunia adalah hari yang diperingati setiap tahun pada tanggal 3 Oktober sejak tahun 1986. Tujuannya adalah untuk merefleksikan keadaan kota-kota dan kota-kota kami dan hak dasar semua untuk tempat tinggal yang memadai.

Hari Habitat Sedunia juga dimaksudkan untuk mengingatkan dunia dari tanggung jawab kolektif untuk masa depan habitat manusia serta menjaga situasi kebersihan sekitar demi keberlangsungan dalam kehidupan.

 

Share Post :