Pertama kali, Tari Rejang Renteng dilombakan di Kabupaten Buleleng

  • Admin Sukasada
  • 23 Oktober 2018
  • Dibaca: 378 Pengunjung

Malam kedua (20/10) Gelar Seni Budaya (Gasebu) Kecamatan Sukasada menjadi salah satu malam yang banyak ditunggu oleh warga masyarakat sukasada, Lomba Tari Rejang Renteng antar Ibu-ibu PKK se-Kecamatan Sukasada menjadi magnet yang kuat menarik animo perhatian banyak warga masyarakat untuk hadir dipanggung utama Gasebu di Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti.

Dengan dinilai oleh salah satu juri yang merupakan Peneliti serta pengembang Tari Rejang renteng Ida Ayu Diastini, S.ST., M.Si 14 Peserta yang merupakan perwakilan masing-masing desa berkesempatan tampil pada malam minggu kali ini.

Lomba tari rejang renteng di Gasebu merupakan Lomba yang pertama kali diadakan di Kabupaten Buleleng, sebelum diadakannya lomba, panitia gasebu juga sebelumnya sudah melakukan workshop dari pada tari rejang renteng itu sendiri.

Lomba ini murni sebagai upaya untuk melestarikan seni tari, dengan memahami makna maka tarian ini akan memiliki taksu atau aura kesakralan, seperti yang telah menjadi penyampaian oleh Camat Sukasada I Made Dwi Adnyana, S.STP pada saat Sambutannya di Pembukaan Gelar Seni Budaya pada tanggal 19 Oktober yang lalu bahwa semakin maraknya perkembangan tari rejang renteng di desa-desa tidak hanya di wilayah kabupaten Buleleng tetapi hampir di seluruh Kabupaten /Kota di Provinsi Bali.

Namun dengan perkembangannya ada perbedaan-perbedaan pendapat atau polemik di masyarakat tentang tari rejang renteng itu sendiri. hingga saat ini hampir disetiap kegiatan upacara adat ditemui ibu-ibu selalu menarikan tari rejang renteng.

jadi diharapkan dengan diadakannya lomba tari rejang renteng dapat memberikan contoh yang benar terhadap gerak tari dan pakem maupun tata busana dari pada rejang renteng itu sendiri.

tidak hanya bagi masyarakat yang hadir, lomba tari rejang renteng juga dapat disaksikan karena disiarkan secara langsung melalui Page Facebook Pemerintah Kecamatan Sukasada.

dari 14 peserta yang bersaing lomba, setiap pesertanya terdiri dari 21 orang ibu-ibu penari. Adapun perolehan Juara pada Lomba Tari Rejang Renteng dalam rangka Gasebu Kecamatan Sukasada Tahun 2018 yakni :
Juara I Desa Selat
Juara II Desa Sambangan
Juara III Desa Pancasari

Share Post :