Singa Praja Tatwa, Tema Sukasada pada Parade Budaya 2019

  • Admin Sukasada
  • 30 Maret 2019
  • Dibaca: 88 Pengunjung

Singa Praja Tatwa menjadi tema yang diusung dalam penampilan Parade Budaya Kecamatan Sukasada Tahun 2019, yang dilaksanakan pada serangkaian Perayaan HUT yang ke-415 dari Kota Singaraja, (30/3).

Diawali oleh penampilan Siat (perang) Api yang merupakan tradisi unik dari Desa Padangbulia yang mencerminkan bagaimana kita harus dapat mengalahkan kekuatan-kekuatan negatif yang ada pada diri manusia, tradisi tersebut kerap diadakan menjelang perayaan nyepi setelah tawur kesange.

Selanjutnya pada barisan inti kecamatan sukasada mengambil sebuah episode dari kejayaan Panji Sakti yaitu lenyapnya keserakahan dan keganasan Mekel Pungakan Gendis.

Dan pada barisan akhir diikuti oleh Parade Busana Pakaian Adat ke Kantor berpasangan dengan motif endek yang biasa digunakan pada hari kamis, serta pakaian ke Pesta berpasangan dengan motif endek.

Tidak hanya terdiri dari perwakilan kecamatan sukasada saja, pada parade endek ini juga ikut serta beberapa SKPD dan BUMD yang tergabung dalam kelompok 3 berdasar pembagian dari panitia, yang meliputi perwakilan dari Kecamatan Sukasada, Bappeda Litbang, Bagian Pemerintahan, PD Swatantra serta Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng.

Share Post :