TM Lomba Dharma Gita, setiap peserta diwajibkan tampil dengan lagu wajib Pupuh Sinom

  • Admin Sukasada
  • 04 Oktober 2018
  • Dibaca: 46 Pengunjung

 

 

Usai melaksanakan Technical Meeting Lomba Pakaian Adat Kepura tingkat Remaja Berpasangan, Kasi Pembangunan Kantor Camat Sukasada Made Sunetra, Sm.HK dengan didampingi oleh Kasi Sosial Budaya Made Sudiasih memimpin technical meeting Lomba Dharma Gita pada serangkaian Gelar Seni Budaya Kecamatan Sukasada, (4/10).

Berdasarkan kriteria, Lomba Dharma Gita terdiri dari peserta yang merupakan anggota dari Sekaa Teruna Teruni (STT) dari masing-masing desa yang terletak di Kecamatan Sukasada. dengan setiap pasangan peserta terdiri dari seorang pembaca (pangwacen) dan seorang penterjemah (paneges).

Terkait materi yang harus dibawakan, setiap pasangan peserta membawakan satu padá lagu wajib yaitu pupuh Sinom Dasar dan satu padá lagu pilihan sesuai dengan beberapa pilihan lagu yang telah ditentukan yakni Pupuh Ginada, Pupuh ginanti atau Pupuh Durma.

Selain itu, pada pelaksanaan Tm juga dibahas mengenai busana yang dipergunakan bagi para peserta, baik untuk peserta putri maupun peserta putra. untuk peserta putri penggunaan baju kebaya lengan panjang diharuskan sampai dengan pergelangan tangan, dengan rambut pusung gonjer dan kain serta selendang berada pada posisi yang disesuaikan.

Sedangkan untuk putra, peserta diwajibkan menggunakan kain atau kamen dengan saput, umpal baju disesuaikan serta menggunakan destar.

Setiap passang peserta akan diberikan waktu tampil selama 8 - 10 menit.

Dibahas pula mengenai kriteria penilaian peserta saat tampil bagi pangwacen dan bagi peneges.

Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri pula koordinator Lomba Dharma Gita yang juga merupakan Ketua Widya Sabha Kecamatan Sukasada I Gustu Nyoman Dana.

Share Post :