Struktur Organisasi Kantor Camat Sukasada

  • Admin Bulelengkab
  • 29 Pebruari 2016
  • Dibaca: 2209 Pengunjung

T U P O K S I
Keputusan Bupati Buleleng Nomor 417 Tahun 2004 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Pemerintah Kecamatan Se-Kabupaten Buleleng


A. Camat
Camat mempunyai tugas :

  1. menyusun rencana kegiatan Pemerintahan Kecamatan berdasarkan data program Pemerintah Kecamatan  serta ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;
  2. membagi tugas dengan memberikan arahan sesuai dengan bidang dan permasalahannya agar pelaksanaan tugas dapat dilaksanakan dengan tuntas;
  3. memberikan petunjuk kepada bawahan dengan caramencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai keserasian dan kebenaran kerja;
  4. menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;
  5. menyelenggarakan pemerintahan umum dan keagrariaan;
  6. pembinaan ketentraman dan ketertiban, perlindungan masyarakat dan pembinaan pelayanan umum;
  7. melaksanakan pembinaan terhadap pemerintahan desa/kelurahan, pembangunan dan pembinaan kehidupan kemasyarakatan  yang berada di kecamatan;
  8. mengkoordinasikan kegiatan seluruh UPTD yang berada di kecamatan;
  9. membuat laporan kegiatan pemerintahan kecamatan sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan;
  10. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  11. Camat dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekda.



B.    Sekretariat
Sekretaiat mempunyai tugas :

  1. menyusun rencana kegiatan Sekretariat Kecamatan bersadarkan data dan program Pemerintahan Kecamatan dan ketentuan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;
  2. membagi tugas kepada bawahan dengan memberikan arahan sesuai dengan bidang dan permasalahannya agar melaksanakan tugas dapat dilaksanakan dengan tuntas;
  3. memberikan petunjuk kepada bawahan dengan cara mencocokkan engan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai keserasian dan kebenaran kerja;
  4. menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  5. menyusun rencana, pengendalian dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan kecamatan;
  6. melaksanakan urusan administrasi keuangan;
  7. melaksanakan urusan tata usaha administrasi kepegawaian, perlengkapan dan rumah tangga serta organisasi dan tata laksana;
  8. melaksanakan koordinasi terhadap pelayanan teknis yang dilakukan terhadap perangkat pemerintahan ke desa dan kelurahan;
  9. mengevaluasi hasil kegiatan Sekretariat Kecamatan secara keseluruhan;
  10. membuat laporan kegiatan Sekretariat Kecamatan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawabankepada atasan;
  11. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan;
  12. Sekretariat Kecamatan dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.


C. Seksi Pemerintahan
Seksi Pemerintahan yang mempunyai tugas :

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi Pemerintahan berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;
  2. membagi tugas kepada bawahan dengan memberikan arahan sesuai dengan bidang dan permasalahannya agar melaksanakan tugas dapat dilaksanakan dengan tuntas;
  3. memberikan petunjuk kepada bawahan dengan cara memcocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya keserasian dan kebenaran kerja;
  4. menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  5. melaksanakan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum serta pembinaan keagrariaan;
  6. melaksanakan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa/kelurahan;
  7. melaksanakan pembinaan administrasi kependudukan dan catatan sipil;
  8. melaksanakan pembinaan kegiatan pemilu, idiologi negara dan kesatuan bangsa;
  9. mengevaluasi kegiatan Seksi Pemerintahan secara keseluruhan;
  10. membuat laporan kegiatan Seksi Pemerintahan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan;
  11. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  12. Seksi Pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berda di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekcam.


D. Seksi Pembangunan.
Seksi Pembangunan mempunyai tugas :

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi Pembangunan berdasarkan data dan program Pemerintahan Kecamatan dan ketentuan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;
  2. membagi tugas kepada bawahan dengan memberikan arahan sesuai dengan bidang dan permasalahannya agar melaksanakan tugas dapat dilaksanakan dengan tuntas;
  3. memberikan petunjuk kepada bawahan dengan cara memcocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai keserasian dan kebenaran kerja;
  4. menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  5. menyelenggarakan pembinaan perekonomian masyarakat desa/kelurahan, produksi dan distribusi;
  6. menyelenggarakan pembinaan lingkungan hidup;
  7. mengevaluasi hasil kegiatan Seksi Pembangunan secara keseluruhan;
  8. membuat lapora Seksi Pembangunan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan;
  9. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan;
  10. Seksi Pembangunan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekcam.


E. Seksi Kesejahteraan Sosial
Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas :

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi Kesejahteraan Sosial berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;
  2. membagi tugas  kepada bawahan dengan memberikan arahan aesuai dengan bidang dan permasalahannya agar melaksanakan tugas dapat dilaksanakan dengan tuntas;
  3. memberikan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai keserasian dan kebenaran kerja;
  4. menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangankarier;
  5. menyelenggarakan pembinaan pelayanan dan bantuan sosial;
  6. menyelenggarakan pembinaan kehidupan beragama, pendidikan, olah raga, kebudayaan, pariwisata dan kesehatan masyarakat serta pemberdayaan perempuan;
  7. mengevaluasi hasil kegiatan Seksi Kesejahteraan Sosial secara keseluruhan;
  8. membuat laporan kegiatan Seksi Kesejahteraan Sosial sebagai bahan informasi, dan pertanggungjawaban kepada atasaan;
  9. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  10. Seksi Kesejahteraan Sosial dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melelui Sekcam.


F. Seksi Linmas Dan Trantib
Seksi Linmas dan Trantib mempunyai tugas :

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi Linmas dan Trantib berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan perundang – undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;
  2. membagi tugas kepada bawahan dengan memberikan arahan sesuai dengan bidang dan permasalahannya agar melaksanakan tugas dapat dilaksanakan dengan tuntas;
  3. memberikan petunjuk kepada bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai keserasian dan kebenaran kerja;
  4. menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan  karier;
  5. menyelenggarakan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat;
  6. menyelenggarakan pembinaan Polisi Pamong Praja;
  7. mengevaluasi  hasil kegiatan Seksi Linmas dan Trantib secara keseluruhan;
  8. membuat laporan kegiatan Seksi Linmas dan Trantib sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan;
  9. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  10. Seksi Linmas dan Trantib dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekcam


G.    Seksi Pelayanan Umum
Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pelayanan Umum berdasarkan data dan program Pemerintah Kecamatan dan ketentuan perundang – undangan yang  berlaku sebagai pedoman kerja;
  2. Membagi tugas kepada bawahan dengan memberikan arahan sesuai dengan bidang dan permasalahannya agar melaksanakan tugas dapat dilaksanakan dengan tuntas;
  3. Memberikan petunjuk kepada bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai keserasian kerja dan kebenaran kerja;
  4. menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  5. menyelenggarakan pembinaan pelayanan, kekayaan dan inventarisasi desa/kelurahan;
  6. menyelenggarakan pembinaan pelayanan kebersihan, keindahan, pertamanan dan sanitasi lingkungan;
  7. menyelenggarakan pembinaan perijinan, sarana dan prasarana fisik pelayanan umum;
  8. mengevaluasi kegiatan Seksi Pelayan Umum secara keseluruhan;
  9. membuat laporan kegiatan Seksi Pelayanan Umum sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan;
  10. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  11. Seksi Pelayanan Umum dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekcam.


H. Kelompok Jabatan Fungsional.
Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai fungsi :

  1. Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan kegiatan teknis dalam menunjang tugas pokok Pemerintah Kecamatan sesuai dengan keahliannya masing – masing;
  2. Kelompok Jabatan Fungsional dipimpin oleh seorang tenaga fungsional senior yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

Kelompok Jabatan Fungsional terdiri atas 3 Ka Sub Bag, yaitu :
1.    Ka Sub Bag Kepegawaian.
2.    Ka Sub Bag Keuangan
3.    Ka Sub Bag Umum.

Share Post :