(0362) 3307233
kantorcamatsukasada@gmail.com
Kecamatan Sukasada

Nasib Danau Buyan.

Admin sukasada | 11 April 2015 | 685 kali

Danau Buyan memiliki pemandangan yang indah, juga menjadi salah satu sumber air bersih bagi Kabupaten Buleng. Namun karena kekurang pedulian, serta alih fungsi tanaman keras ke bangunan dan tanaman bunga dan sayur di kaki bukit serta limbah pupuk maupun sisa detergen rumah tangga mengakibatkan danau ini mengalami pendangkalan yang diawali dengan dipenuhinya permukaan danau dengan tanaman gulma.

Sebelumnya Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dalam sambutannya mengungkapkan sejumlah langkah sudah dilakukan oleh Pemkab.Buleleng untuk melestraikan Danau Buyan. Langkah dimaksud antara lain dengan menggelar Festival Danau Buyan 2014, dimana melalui festival ini semua masyarakat di Pancasari diajak untuk melihat dan memahami potensi Danau Buyan yang dapat mensejahterakan masyarakat jika dipelihara dan dilestarikan.

Bupati melihat, dampak dari festival yang akan kembali digelar tahun 2015 mulai terasa karena semua masyarakat mulai peduli pada kelestarian danau. Hal lain yang diungkapkan adalah pelestarian Danau Tamblingan yang terletak di sebelah barat Danau Buyan. Untuk melestarikan Danau Tamblingan, Pemkab.Buleleng bekerjasama dengan desa-desa terkait telah melakukan penertiban terhadap bangunan rumah dipinggir danau.

Rencana lain untuk melestarikan Danau Buyan, lanjut Bupati Buleleng, adalah mengembangkan olahraga dayung perahu singa. Perahu singa bentuknya semacam perahu naga, dan pada saat ini Pemkab.Buleleng baru memiliki satu perahu singa, dan rencananya tahun ini akan diadakan kembali. Jika sudah mencukupi jumlahnya akan digelar lomba mendayung perahu singa. Selain itu, Bupati juga mengeluarkan kebijakan tidak mengijinkan menggunakan mesin dan perahu speedboard untuk mengarungi danau, agar danau bebas pencemaran minyak dan oli.

Kegiatan Danau Bersih dan Tanam Pohon, sesuai tema dilakukan pembersihan danau dengan melibatkan berbagai komponen dari PNS,BPBD,DKP,pelajar, Pramuka,LSM, TNI dan Polisi serta warga sekitar yang jumlahnya diperkirakan mencapai 1.500 orang. Sampah gulma yang berhasil diangkut pun mencapai beberapa truk sampah.

Berita Terpopuler
Tidak ada data