(0362) 3307233
kantorcamatsukasada@gmail.com
Kecamatan Sukasada

Musrenbang Desa Panji Anom Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur dan Kesejahteraan Masyarakat

Admin sukasada | 13 September 2024 | 160 kali

Pada tanggal 13 September 2024, di Aula Kantor Perbekel Desa Panji Anom, dilaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang dihadiri oleh Perbekel Desa Panji Anom, BPBD, Kasie Pemerintahan Kecamatan Sukasada, pendamping lokadesa, ketua RPM, kepala sekolah SMP 4 Sukasada, kepala sekolah SD Panji Anom 1-4, dan berbagai tokoh masyarakat serta kader posyandu.

Musrenbang ini dibuka oleh Ka. Si. pemerintahan kecamatan Sukasada, Ibu Desak Komang Yosita Anggreni, S.Sos., dilanjutkan dengan sambutan Perbekel Desa Panji Anom dan Ketua BPD. Materi yang dibahas mencakup RPJMDES 2022-2029 serta RKPDes Tahun Anggaran 2025. Perubahan ini dibahas berkaitan dengan perpanjangan masa jabatan Perbekel selama 2 tahun akibat perubahan UU No. 3 Tahun 2024, sehingga rencana pembangunan harus disesuaikan hingga tahun 2029.

Dalam perencanaan ini, diprioritaskan pembangunan jalan, penyediaan air bersih, pengembangan pariwisata desa, pengaspalan jalan, pembangunan drainase, serta perbaikan fasilitas umum seperti bale banjar. Selain itu, direncanakan pula pemasangan wifi gratis di masing-masing banjar.

Di bidang sosial, musyawarah ini membahas pengadaan keamanan Linmas, pembinaan kesenian, dan pelatihan bagi masyarakat. Dan terkait penanggulangan bencana.

RKPDes 2025 menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur seperti senderan jalan, perbaikan jalan, betonisasi, pipanisasi, dan pengerasan jalan di berbagai RT. Usulan lainnya termasuk bantuan pengadaan fasilitas untuk pengelolaan sampah organik. Selain itu, untuk program bedah rumah dan rehabilitasi fasilitas dinas di Banjar akan diteruskan ke program pemerintah Kabupaten Buleleng.

Musrenbang ini diharapkan menghasilkan rencana pembangunan yang selaras dengan kebutuhan masyarakat dan mampu mendorong pembangunan desa yang lebih baik.